Clock UTC+08:00


Berita Baru
X

Like This Template?

Show your Support. Become a FAN!

Contact Us

Selasa, 11 November 2014

CARA MEMPERBAIKI HDD dengan MBR (Master Boot Record) menggunakan Hiren's BootCD

Apa itu Master Boot Record (MBR)?


#WinExplain: Apa itu Master Boot Record (MBR)?

Apa itu Master Boot Record (MBR)? Master Boot Record (MBR) adalah tipe spesial dari boot sector saat awal hardisk komputer di partisi. MBR memegang informasi tentang logical parisi, yang berisi file system, yang mengatur sistem tersebut. Selain itu, MBR juga berisi kode exe yang berfungsi sebagai sistem operasi yang berdiri sendiri sebagai rantai pengatur paritsi dari Volume Boot Record (VBR). Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar di bawah ini.

#WinExplain: Apa itu Master Boot Record (MBR)?
MBR tidak hadir pada removable storage yang tidak terpartisi seperti Floppy, CD, DVD, Flashdisk atau alat penyimpanan lain yang berfungsi seperti perangkat tersebut.
Awalnya konsep MBR telah diterapkan pada tahun 1983. Dengan volume penyimpanan yang sekarang sudah semakin besar hingga 2 TB, MBR sepertinya sudah menjadi pembatas pada tahun 2010. Kini beberapa proses MBR digantikan dengan GUID Partition Table (GPT) yang digunakan oleh komputer baru. GPT bisa berdampingan dengan MBR yang berfungsi untuk memberikan kompatibilitas pada system yang lama.

Skema Master Boot Record (MBR)

Seperti yang dijelaskan gambar diatas, di dalam Master Boot Record (MBR) terdapat sebuah tabel partisi yang menjelaskan partisi apa saja yang berada dalam hardisk tersebut. Berikut skema Master Boot Record (MBR).
  • Primary Partition atau partisi utama, partisi ini digunakan untuk melakukan proses booting ke dalam sistem operasi dan menyimpan data user. Jumlanya ada 4 dalam satu hardisk, jika ada partisi tambahan maka primary partition akan berkurang menjadi 3.
  • Extended Partition atau partisi tambahan, yaitu partisi yang dapat menampung beberapa logical partition. Partisi ini sebenarnya seperti primary partition, tetapi jumlanya hanya boleh 1 saja.
  • Logical Partition, partisini tidak dapat melakukan proses booting ke sistem operasi dan hanya dapat digunakan untuk menyimpan data user. Jumlahnya tidak dibatasi, yang artinya dalam satu hardisk boleh berisi banyak Logical Partition yang bertumpu pada 1 Extended Partition.

Apa fungsi Master Boot Record (MBR)?

Saat proses booting, Master Boot Record (MBR) memiliki banyak fungsi, diantaranya:
  • Mencari partisi yang aktif (aktif disini adalah yang dapat melakukan proses booting) dalam tabel partisi.
  • Mencari sektor utama dari partisi yang aktif untuk mendapatkan boot sector dari partisi tersebut.
  • Menyimpan salinan boot sector dari partisi yang aktif ke dalam memori.
  • Memberikan kontrol selanjutnya kepada kode yang dapat dijalankan di dalam boot sector.
Pengertian MBR (Master Boot Record) Bisa dibaca di WIKIPEDIA disini


MBR ( Master Boot Record ) adalah Memory Dimedia penyimpanan ( misal: Harddisk ) yang pertama kali diakses Oleh BIOS Matherboard. Jadi matherboard mengenali partisi Harddisk ( Drive ) berdasarkan apa yang tertulis dalam MBR tersebut.
Virus MBR , adalah Virus yang memodifikasi informasi di Memory MBR dengan tujuan bermacam-macam , diantaranya , agar harddisk tidak bisa diakses . Tidak bisa Diisntall dsb…
Efek dari Virus ini : Komputer tidak bisa Booting , atau diinstall ulang ( walaupun diformat All Drive  :) )
Dari segi bahaya , sebenarnya Virus ini tidak merusak secara langsung , tapi bisa dibayangkan bila partisi harddisk kita hilang apa yang kita lakukan ?
Mungkin kita akan menformat Harddisk :)  ini yang membuat rugi kita , karena data kita hilang karena kesalahan kita sendiri yaitu memformat Harddisk .
Virus MBR yang pernah saya  alami ada beberapa Varian ( jenis ) diantaranya
1. Merubah MBR , tapi masih bisa masuk ke DOS
2. Merubah MBR  bila Di BIOS Harddisk didisable , Computer normal bisa masuk DOS tapi bila Harddisk di Enable ( auto ) Komputer hang ( tidak bisa deteksi harddisk ).Ini terjadi hanya di matherboard tertentu…
Untuk sebagian teman teknisi , biasanya mereka akan menganggap rusak harddisk tersebut. Karena tanda-tandanya   memang seperti Harddisk rusak !
Untuk membuktikan bahwa harddisk tidak rusak , Silakan Disable Harddisk Lewat setting BIOS > Gunakan Hiren Boot CD 9.7 > Mini Windows Xp . Di Mini Windows Xp ,  File yang ada Di Harddisk ( partisi ) akan terlihat semua dalam kondisi Normal . Silakan Backup Data penting anda ke harddisk lain , Flash disk ataupun Portable Harddisk .
Bila Harddisk di posisikan Enable di bios , Harddisk tersebut akan seperti Rusak karena Mau diinstall tidak bisa :)

Apakah anda mempunyai hardisk yang tidak terbaca di windows, tetapi dapat terbaca di BIOS ? Kebanyakan orang akan menganggap bahwa hardisk tersebut sudah rusak dan tidak dapat di pakai kembali, tetapi sebenarnya itu salah, selama firmware hardisk masih dapat terbaca di BIOS, berarti Hardisk tersebut masih dapat dipergunakan lagi.

Hal tersebut diakibatkan karena MBR (Master Boot Record) yang seharusnya menjadi kontrol dari suatu hardisk telah rusak (corrupted) atau bahkan terhapus karena faktor ketidak sengajaan atau secara sengaja dengan menggunakan tool/software yang ada.

Banyak program yang mengklaim dapat memperbaiki MBR dengan cepat, hanya dalam hitungan detik dapat menghapus, menginstall, atau mengedit MBR sesuai keinginan kita, tetapi apabila anda kurang memahami cara kerja MBR anda akan mengalami kesulitan dalam pengerjaannya. Bahkan kadang-kadang ada hardisk yang bandel dan sangat sulit untuk diperbaiki dengan menggunakan tools tersebut. hal tersebut dikarenakan terlalu banyaknya data-data yang disimpan didalam memori hardisk yang tidak hilang dengan cara di format melalui cara biasa.

Tetapi jangan khawatir, berikut adalah cara-cara untuk memperbaiki MBR Hardisk yang bandel sekaligus menghapus seluruh data secara permanen, sehingga kondisi hardisk menjadi seperti baru lagi.

BERIKUT CARA - CARA UNTUK MENGGUNAKAN MBR


A .CARA PERTAMA


1.  Siapkan Hiren’ Boot CD anda yang terbaru, kemudian masukan kedalam CD/DVD ROM anda (JIKA TIDAK TAHU, ANDA BISA BACA ARTIKELNYA TENTANG HIREN
D I S I N I

2.  Setting BIOS anda agar dapat Booting dari CD/DVD.
3.  Arahkan ke Dos Program kemudian tekan Enter.



4.  Pilih Hard Disk Tools


5.  Cari dan pilih Active Kill Disk 



6. Cari dan pilih Hard disk anda yang bermasalah kemudian ikuti petunjuk yang ada (F10) untuk langsung menghapus data dan menginstall MBR default



7.  Tunggu sampai selesai.

Dengan menggunakan tool ini memang membutuhkan waktu yang relatif cukup lama, bahkan bisa sampai seharian, tetapi hasil yang didapat sangat sesuai dengan waktu yang diperlukan.


B. CARA KEDUA

Dengan berbekal cd windows xp, anda juga bisa memperbaiki MBR.
Peralatan:


-  CD windows XP ( Bisa yang SP1 ,SP2 atau SP3 )

Caranya:

1. Atur settingan pada BIOS agar bisa boot pertama kali dari CD.
2. Setelah itu masukkan CD Windows XPnya..tunggu sampe muncul pilihan untuk boot dari CD.  Kemudian tekan sembarang tombol untuk boot dari CD Windows.
3. Ketika sudah booting dari CD Windows nanti akan mucul 3 menu. Pilih menu untuk recovery
console atau tekan R.
4. Nanti akan masuk console CMD.
5. Kalo ada password admin,masukin aja. Tapi kebanyakan gak pake password. Enter
6. Nanti akan masuk di drive D:\
7. Ketikkan "fix mbr" (tanpa tanda petik). terus tekan Enter dan tekan YES.
8. Ketikkan "fix boot" (tanpa tanda petik". terus tekan Enter dan tekan YES.
9. Setelah itu ketik quit / close.
10.Restart.


Demikian tutorial ini saya tulis ,semoga bermanfaat

Terima kasih.

8 komentar:

  1. Terima kasih banyak yaa Om .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan.. sori w baru balasnya 1 tahun kemudian hahah

      Hapus
    2. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
      cobain open source project rancangan ane gan >

      IT Tools Pack Solution

      (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

      #SalamSatuTeknologi

      Hapus
  2. hardisk saya tidak terbaca di aktive kill disk. tapi kalau pakai windowsa xp mini di device manager terbaca di explorer tidak. itu bagaimana ya?

    BalasHapus
  3. Hardisk sy 1tb mas, merk hitachi,, sblm rusak selalu bunyi klik2 trs, stlh beberapa hari sy cek lagi, diminta format, stlh sy format kapasitas hardisk hilang dan menjadi 32mb saja, tlong dikasih petunjuk mas , apa msh bs hardisk sy diperbaiki?

    BalasHapus
  4. Bro hdd saya seaget rusak mungkin bad sector apa bisa pake hiren boot cd untuk memperbaiki lewat MBR tadi. Trus klo sudah di format apa hdd saya udah gak bad sector lagi. Mohon klarifikasinya. Makasih mas bro. Salam teckhnologi.

    BalasHapus
  5. Mmmhh...bagus juga tutor,akan saya coba

    BalasHapus

-Dilarang menuliskan hal-hal yang tidak layak / tidak etis secara moral / SARA / menyinggung perasaan orang lain / hate / racism, membuat duplikat posting dengan sengaja, membahas privacy orang lain.

Berkomentarlah dengan jelas dengan bahasa yang sopan dan santun

-Prohibited write stuff that is not worth / unethical morally / SARA / offend others / hate / racism, duplicate post by mistake, discusses the privacy of others.

Commenting clearly in a language that is polite and courteous

©CopyRights 2014 All Rights Reserved Glenn Pinontoan